Wednesday 6 February 2013

HTC 8X, Smartphone Responsif Rasa Windows Phone 8

 HTC 8X, Smartphone Responsif Rasa Windows Phone 8
Sistem operasi (OS) Windows Phone (WP) terlihat kian menjamur. Beberapa vendor smartphonetertarik untuk menawarkan smartphone dengan OS mobile bikinan Microsoft tersebut. Tak hanya seri Nokia Lumia yang menggunakan OS tersebut, produsen smartphone asal Taiwan, HTC juga telah menggarap smartphone unggulan terbarunya yang mengusung OS Windows Phone.

 Seri HTC Windows Phone 8X kebetulan mampir ke redaksi Okezone dengan tampilan warna casinghitam.  Memiliki layar 4,3 inci, sekilas smartphone ini mirip dengan Lumia 900. Akan tetapi, HTC 8X memiliki resolusi layar lebih besar, yakni 1.280x720 pixel.


Berbeda dengan seri HTC One X, di mana bagian sisi sudutnya memiliki gaya melengkung tanpa sudut lancip. Pada HTC 8X, smartphone anyar ini memiliki desain sudut yang meruncing (siku-siku). Desain tersebut terlihat persis seperti Lumia 900, namun urusan spesifikasi dan fitur tentu berbeda.

HTC 8X hadir dengan layar Gorilla Glass, di mana layar smartphone berlayar sentuh kapasitif ini cenderung aman dari goresan maupun benturan. Memiliki berat 160 gram, smartphone HTC dengan dukungan prosesor dual core Qualcomm S4 1,5GHz (Krait) ini mendukung jaringan GSM/GPRS/EDGE dan HSPA/WCDMA.

Tampilan depan HTC 8X standar seperti smartphone Windows Phone lainnya, memiliki tiga fungsi utama yang terletak di bawah seperti fungsi Back, Windows (home) serta Search. Di bagian sisi atas, terdapat tombol on/off serta port audio jack 3,5mm. Di bagian bawah, tersedia port microUSB untuk melakukan pengisian daya baterai serta konektivitas ke perangkat PC atau laptop.

 Di bagian sisi luar bagian kanan, terdapat tombol untuk menaikan atau menurunkan volume suara. Selain itu, terdapat pula sebuah slot yang dapat dicabut keluar untuk memasukkan kartu Micro-SIM dan tombol pintas untuk langsung mengaktifkan fitur kamera. Tombol pintas ini juga berfungsi untuk menjepret foto atau mulai mengaktifkan fitur video.

HTC 8X memiliki RAM 1GB serta kapasitas penampungan data 16GB (internal). Sayangnya,smartphone yang dilengkapi kamera belakang (8MP) dan depan (2,1MP) ini tidak lengkapi dengan memori tambahan untuk penyimpanan eksternal.

Gambar Tajam

Untuk urusan kemampuan mengabadikan gambar, HTC 8X cukup mampu diandalkan. Dilengkapi fitur autofokus, LED flash, Bing Visual untuk memindai kode QR, fitur kamera HTC 8X juga menyediakan efek seperti Sepia, Solarisasi, Negatif serta pengaturan ISO otomatis dan deteksi wajah. Kamera belakang dapat dimaksimalkan di posisi 8MP untuk menghasilkan resolusi gambar 3264x2448. HTC 8X dapat merekam video dengan resolusi maksimal 1080p (HD). Pengguna juga dapat menggunakan kamera depan untuk merekam video. Sama seperti seri HTC One X, HTC 8X juga mendukung fitur Beats Audio. Fitur Beats Audio akan aktif secara otomatis ketika pengguna memasukkan konektor audio jack 3,5mm. Ketika volume suara dimaksimalkan, suara loudspeaker yang terletak di bagian belakang-bawah masih mampu terdengar stabil tanpa gangguan atau pecah. Sayangnya, tidak ditemukan fungsi equalizeruntuk mengatur tingkat bass dan treble secara manual. HTC 8X memiliki fitur voice command. Fitur ini bisa diaktifkan dengan menekan fungsi atau logo Windows yang terletak  di bagian bawah layar smartphone. Voice command ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan perintah Call (panggilan telefon), Find (pencarian ke website), Open (membuka aplikasi), Text (mengetik teks kepada nomor kontak) serta Note (untuk fungsi catatan cepat). Tak ketinggalan fitur peta yang bisa digunakan untuk mencari lokasi serta petunjuk arah menuju lokasi tertentu.

Beragam Fitur 

HTC 8X dilengkapi fitur WiFi, Bluetooth, aplikasi Office serta platform Store/Bursa, yang bisa dimanfaatkan untuk mengunduh aplikasi dan permainan. HTC 8X dengan OS Windows Phone 8 ini juga memiliki fitur GPS, Global Navigation Satellite System (GLONASS), serta kapasitas baterai 1800 mAh. Ketika melakukan gerakan manuver pada jari tangan untuk membuka banyak aplikasi, perangkat ini cukup responsif untuk mendukung perpindahan perintah dengan cepat. Smartphone ini juga mumpuni untuk bermain bermacam-macam game yang tersedia di platform Games Collection-nya. Untuk smartphone Windows Phone 8 dengan banderol di kisaran Rp5,8 juta, HTC 8X dengan variasi pilihan empat warna ini tampaknya menyasar kalangan menengah ke atas. Ditengah ramainya perangkat gadget berbasis OS besutan Google alias Android serta Apple iOS, OS Windows Phone boleh jadi sebagai “penantang” yang hadir dengan beragam fitur pamungkasnya. Akan tetapi, kuasa pilihan tetap ada ditangan pengguna. (fmh)

SUMBER : OKEZONE