Friday 15 October 2010

Tutorial dasar perawatan PC

foto berita artikelMenengok “isi” PC
Apa aja sih yang ada di dalam PC Anda? Tidak perlu melepas casing PC untuk mengetahuinya. Yang perlu dilakukan adalah meng-install utiliti jenis system information. Dengan begitu  kita bisa mengetahui semua isi PC kita. Salah satu program yang populer  adalah WinAudit Freeware.
  1. Anda bisa men-download aplikasiberukuran 830 KB dari situs Web www.pxserver.com. Klik-dobel file WinAudit.exe untuk menjalankannya. Setelah jendela program muncul, klik [Here] di bawah tulisan “To audit your computer click”.
  2. Tunggu beberapa saat hingga jendela mprogram dipenuhi sejumlah kategori informasi. Setelah panel kategori di sisi kanan muncul lengkap, Anda bisa mulai menelusuri informasi setiap hardware dan software yang ada dalam komputer.
  3. Informasi yang ditampilkan utiliti ini sangat komplet. Mulai dari informasimengenai sistem operasi hingga BIOS. Bahkan nketerangan aplikasi yang sedang berjalan pun akan ditampilkan. Cukup klik kategori informasi yang diinginkan dari panel kiri, maka informasi kompletnya muncul di jendela kanan.
  4. Yang menarik Anda bisa mendapatkan informasi mengenai masalah (failure) yang pernah terjadi di komputer. Anda bisa mendapatkan keterangan ini dari kategori “Error Logs”.
  5. Aplikasi ini menyediakan bahasa Indonesia untuk antarmukanya. Cukup ganti bahasa dengan mengklik [Language]>[Bahasa Indonesian].
  6. Jika Informasi ini hendak Anda cetak sebagai salinan, lakukan dengan mengklik tombol [Print] di toolbar. Anda juga bisa menyimpan hasil auditsistem ini dengan mengklik [Save]. Pilihan format dokumen yang tersedia mulai dari HTML, TXT, CHM, dan PDF.

Memantau Kinerja PC 
Tanpa dicek, masalah-masalah kecil di komputer seringkali terabaikan. Jika bertumpuk, bisa dibayangkan betapa meruginya Anda. Kerena itu, cobalah untuk memantau kinerja sistem secara berkala agar hubungan Anda dan PC senantiasa berjalan tanpa kendala. Gunakan saja Fresh Diagnose dari www.freshdevices.com situs untuk mengelolanya.
  1. Fungsi aplikasi ini mirip dengan aplikasi jenis system information, namun diberi sejumlah tool tambahan. Setelah meng-install installer file diagnose.exe berukuran 15,4 MB, jalankan aplikasi dari menu Start.
  2. Aplikasi bertampilan apik ini dikelola melalui panel kategori di sisi kiri dan toolbar kategori di sisi kanan. Misalnya Anda ingin memantau kinerja prosesor, Anda cukup mengklik tombol [Hardware] di toolbar, lalu memilih ikon [Processor] di sisi kanan jendela program.
  3. Informasi kinerja PC ini tidak tampil dalam bentuk grafik maupun teks. Misalnya Anda ingin tahu driver apa saja yang sedang bekerja. Klik ikon [Windows] lalu tekan tombol [Device Drivers]. Di sana informasi driver yang aktif akan ditampilkan.
  4. Aplikasi ini memilih kelebihan berupa fasilitas untuk mem-benchmark (menguji kinerja komponen PC). Fasilitas ini muncul saat Anda mengklik tombol [Benchmark] di toolbar. Untuk menggunakan fasilitas ini, aplikasi harus diregristasi secara online terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, jendela opsi Benchmark akan muncul di layar kanan. Opsi yang muncul meliputi fasilitas benchmarking untuk prosesor, memori, hard disk, network hardware, multimedia, display(VGA), dan optical drive.
  6. Manfaatkan pula fasilitas [Traces]. Ini adalah perkakas untuk melihat jejak aktivitas PC seperti browsing history atau aneka aplikasi yang pernah berjalan. Untuk mencetak laporan
  7. Diagnosa, klik tombol [print]. (IK)