Friday 15 October 2010

Membuat Formulir dengan Office Word 2010



foto berita artikel
Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering menjumpai bentuk formulir yang harus kita isi sebagai bagian dari suatu proses. Mulai dari formulir pembukaan rekening bank, pelaporan pajak, dan lain-lain. Mayoritas formulir berbentuk cetak dan biasanya yang harus diisi secara tertulis. Kehadiran sistemelektronik mengakibatkan terjadinya proses pemindahan secara manual dari formulir cetak ke formulir elektronik. Proses seperti ini tentu memakan waktu dan memberikan potensi terjadinya kesalahan. Solusi pengisian formulir secara elektronik diharapkan dapat memotong waktu dan mengurangi potensi terjadinya kesalahan input data.


Pembuatan formulir elektronik saat ini sekarang cukup mudah, bahkan dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah digunakan oleh banyak orang, misalnya Microsoft Office Word. Dengan Office Word 2010, kita tidak hanya dapat mengetik artikel dan membuat laporan, namun kita juga bisa membuat formulir elektronik.

Form Pendaftaran
Dalam artikel ini, kita akan membuat template form dengan Office Word 2010. Contoh yang akan kita gunakan adalah formulir pendaftaran Perguruan Tinggi.

1. Pertama-tama buat sebuah form layout dengan menggunakan tabel.

Form layout
2. Pastikan bahwa tab Developer muncul pada ribbon toolbar.
Tab

3. Bila ternyata Microsoft Word belum terkonfigurasi seperti diatas, hal yang perlu dilakukan adalah masuk ke    Backstage area (File Menu) lalu pilih Menu Options lalu pilih Customize Ribbon Menu, kemudian centang checkbox disamping pilihan Developer pada Customize the Ribbon untuk mengaktifkan Developer Tab.
Ribbon Menu 

4.Pada posisi Developer Tab, insert Plain Text Content Control  – di kolom tabel sebelah kanan pada baris Nama dan alamat. Kita akan menambahkan tempat untuk user mengisi Nama dan Alamat mereka pada formulir kita.

Develepor Tab
5.Tambahkan komponen selanjutnya, yaitu Combo Box Content Controlpada tabel kolom sebelah kanan pada baris Jenis Kelamin dan IPK. Dengan control tersebut user dapat memilih pilihan yang sesuai.
Combo Box 

6.Pada saat menggunakan Combo Box Content Control, kita akan memasukkan opsi yang bisa dipilih oleh user. Pada Developer Tab – Controls area terdapat pilihan Control Properties (seperti ditunjukkan oleh cursor). Click button tersebut

Control properties

7.Button Control Properties tersebut akan membawa kita kepada jendela Content Control Properties. Silahkan tambahkan beberapa pilihan yang mungkin akan dipilih oleh user dalam melengkapi informasi pendaftarannya. Click button Adduntuk menambahkan beberapa informasi yang dibutuhkan.


8.Berikut adalah contoh tampilan yang didapat user ketika mereka hendak menentukan pilihan mereka, ada dua pilihan jenis kelamin yaitu Laki-laki dan Perempuan. Silahkan lanjutkan sendiri dengan Combo Box Content Control untuk informasi mengenai IPK yang hendak dipilih.

Control  Properties
9.Lebih lanjut, untuk Tanggal Lahir – kita bisa tempatkan Date Picker Content Controla gar user dapat memilih tanggal sesuai tanggal lahirnya.Berikut adalah tampilan pada saat user hendak memilih tanggal lahirnya.

Date Picker

10.Kemudian, user juga dapat memasukkan foto user bersangkutan – dengan menggunakan Picture Content Control, sehingga system dapat menyimpan gambar foto dari para pendaftar perguruan tinggi tersebut.

11.Pada saat user melakukan click pada control tersebut, user akan dibawa untuk memilih foto profil untuk disertakan dalam form pendaftaran tersebut.

12.Dengan dengan menggunakan Check Box Content control, para pendaftar diwajibkan untuk menyatakan persetujuannya dalam mendaftarkan dirinya pada perguruan tinggi dimaksud.

13.Berikut adalah tampilan akhir dari form yang sudah kita buat diatas.
 Form

Kesimpulan
Kita baru saya membuat template formulir pendaftaran perguruan tinggi dengan Office Word 2010. Bila pembaca ingin melihat bagaimana formulir ini bisa langsung dikoneksikan dengan basis data atau web service. (Julius Fenata & Irving Hutagalung)